LINK BANNER

NAGARI KECIL ITU BERNAMA MINANGKABAU

BATUSANGKAR – Kejayaan Minangkabau masa lalu, kini jadi bahan penelitian dan seminar. Kehabatan Kerajayaan Pagaruyuang menjadi topik diskusi tiada henti. Penelitian-penelitian sejarah menunjukkan, Minangkabau di Pagaruyuang adalah jejak kebesaran negeri ini.

Kabupaten Tanah Datar menjadi pusat dari kerajaan-kerajaan besar masa lalu itu. Daerah berjuluk Luak Nan Tuo itu pun jadi pusek jalo pumpunan ikan. Artinya, hingga kini menjadi rujukan bagi kabupaten/kota lainnya di Sumbar dalam konteks sosial budaya Minangkabau.

Nagari-nagari yang kini masih eksis, dan amat dikenal punya kaitan erat dengan kejayaan Minangkabau masa silam itu adalah Pariangan, Pagaruyuang, dan Minangkabau.

Khusus untuk Nagari Minangkabau, menurut pengakuan Walinagari Alfani Hamdi, tak ada beban seberat yang disandang nagari yang dia pimpin bila dibanding 74 nagari lainnya yang ada di Kabupaten Tanah Datar. Nama Nagari Minangkabau, tegasnya, menyiratkan tanggungjawab besar terhadap sejarah masa lalu dan pengaplikasian kemajuannya di masa depan.

“Minangkabau hanyalah sebuah nagari kecil di Kecamatan Sungayang. Tapi nama Minangkabau yang melekat menjadi nama nagari kami, memiliki makna tanggung jawab yang besar terhadap kejayaan Minangkabau di masa silam,” ujarnya dalam suatu percakapan dengan Singgalang, di Pagaruyuang, Senin (29/2/2016).

Nama besar yang disandang nagari berpenduduk 3.189 jiwa itu, tentu membawa beban moral yang demikian besar. Mungkin sama atau lebih besar dari nama yang disandang Nagari Pagaruyuang di Kecamatan Tanjung Emas. Sama-sama nama besar dan berjaya di masa silam.

Menelusuri nama dan asal usul Nagari Minangkabau, memang terlalu jauh ke masa silam serta membutuhkan dukungan referensi yang kuat. Kendati demikian, di tengah-tengah masyarakat nagari ini telah berkembang cerita turun-temurun tentang asal usul nagari yang amat mereka cintai tersebut.

Nagari Minangkabau diperkirakan telah ada sejak abad ke-14 Masehi, seiring dengan datangnya rombongan dari Kerajaan Majapahit di Tanah Jawa, sebagai bagian dari upaya memperluas wilayah kekuasaannya. Bila dilakukan perlawanan fisik, warga pribumi merasa tidak sanggup menghadang rombongan besar itu.

Dalam kondisi demikian, seorang cerdik pandai yang amat dihormati masyarakat setempat, bernama Dt. Nan Tuo pun tampil jadi harapan warga untuk melakukan perlawanan. Apalagi, sang datuk juga memiliki persembunyian di kawasan Anduriang, tak jauh dari rumah miliknya yang dikenal sebagai Rumah nan Ciek.

Berbagai adu cerdik pun terjadi antara masyarakat setempat dengan utusan Majapahit yang akan masuk ke daerah itu. Masyarakat selalu berkonsultasi dengan Datuk Nan Tuo. Terakhir adalah adu strategi dengan melakukan adu kerbau. Kerbau milik masyarakat setempat adalah anak kerbau yang masih menyusu, sementara rombongan dari Jawa membawa induk kerbau untuk diadu dengan kerbau masyarakat setempat.

Dengan strategi yang dimiliki, induk kerbau milik rombongan Majaphit akhirnya mati dengan perut terbusai di kawasan Nagari Simpuruik saat ini. Sementara daerah Nagari Minangkabau saat ini, merupakan lokasi pemukiman masyarakat pribumi pada saat terjadinya peristiwa adu kerbau yang dimenangkan anak kerbau milik warga setempat itu.

Cerita tentang kerbau itu dianggap sebagai sebuah kisah sejarah asal usul beberapa nagari di seputaran Batusangkar. Kisahnya terus dituturkan secara turun-temurun. Untuk membuktikan kebenaran, tentu memerlukan penelitian mendalam.

Apapun fakta sejarahnya, satu hal yang pasti, Nagari Minangkabau kini telah tumbuh menjadi sebuah pemerintahan nagari dengan luas sekitar 945 hektare dengan tiga kejorongan. Nagari ini berbatasan langsung dengan Nagari Sungayang di sebelah utara, Pagaruyuang (selatan), Saruaso (timur), dan Sungai Tarab (barat).

“Dalam kondisinya saat ini, Nagari Minangkabau amat potensial untuk dikembangkan menjadi daerah transit, pariwisata, perdagangan, pertanian, dan tanaman hortikultura,” jelas sang walinagari

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "NAGARI KECIL ITU BERNAMA MINANGKABAU"

 
SL Blogger