LINK BANNER

10 kebiasaan sederhana yang mencuri kebahagiaan kamu

Georges Petrequin

Kamu pada akhirnya menjadi apa yang kamu lakukan berulang-ulang. Jika kebiasaan kamu tidak membantumu, mereka menyakitimu. Berikut ini beberapa contoh kebiasaan yang akan mencuri kebahagiaan kamu jika kamu membiarkannya:

1. Fokus pada cerita semua orang kecuali cerita kamu sendiri.

Jangan terlalu puas dengan kisah sukses orang lain dan bagaimana segala sesuatu telah terjadi untuk mereka sehingga kamu lupa menuliskan kisahmu sendiri. Ungkapkan kisah kamu sendiri dan hidupkan. Kamu punya segala yang dibutuhkan untuk menjadi apa yang kamu inginkan. Perubahan yang luar biasa akan terjadi jika kamu memutuskan untuk mengambil kendali. Ini berarti mengonsumsi lebih sedikit dan menciptakan lebih banyak. Itu berarti menolak membiarkan orang lain melakukan pemikiran, pembicaraan kamu, dan memutuskan untuk kamu. Ini berarti belajar untuk menghormati dan menggunakan ide-ide dan naluri kamu sendiri untuk menulis bagianamu sendiri.

Jika kamu ingin kisah hidupmu melambung tinggi, kamu harus membersihkan jalan, mengurangi waktu terpuruk dan beban yang memberatkan kamu, dan mengambil hal-hal yang memberimu sayap. Jaga keinginan terbaik dan tujuan terbesar kamu di dekat hati kamu dan dedikasikan waktu untuk mereka setiap hari. Jika kamu benar-benar peduli dengan apa yang kamu lakukan dan kamu bekerja tekun, hampir tidak ada apa pun yang tidak bisa kamu capai.

2. Menunggu momen yang tepat.

Jangan percaya mitos tentang momen yang tepat. Tidak ada momen yang sempurna; mereka adalah apa yang kamu ciptakan untuk mereka. Begitu banyak orang menunggu bintang-bintang agar selaras untuk melakukan apa yang mereka lakukan. Momen yang sempurna, kesempatan yang sempurna, keadaan yang sempurna, dll. Bangunlah! Keadaan sempurna ini hanyalah mitos. Semua itu tidak ada.

Kemampuan kamu untuk tumbuh menjadi potensi tertinggi kamu secara langsung berkaitan dengan kesediaan kamu untuk bertindak di hadapan ketidaksempurnaan. Kamu akan sukses bukan dengan mencari momen yang tepat, tapi dengan belajar untuk melihat dan menggunakan ketidaksempurnaan hidup secara sempurna.

3. Bekerja untuk sekadar gaji.

Bekerja tanpa minat itu bagai penjara. Bahkan jika kamu tidak bersemangat besar dengan pekerjaan kamu, kamu setidaknya harus tertarik di dalamnya. Ketika kamu merancang gaya hidup di mana pekerjaan kamu adalah sesuatu yang kamu derita sehari-hari untuk membayar kebutuhan kamu, kamu pada akhirnya menghabiskan seluruh hidup kamu berharap kamu punya orang lain.

Pikirkan tentang itu. Ini hidupmu; pekerjaan kamu akan mengisi persentase besar dari itu. Ini bukan soal uang semata; ini tentang kamu. Abaikan propaganda, terutama dari orang-orang yang mengatakan, “Jangan biarkan pekerjaan kamu mendefinisikan siapa dirimu.” Balikkan pesan ini: “Saya akan melakukan pekerjaan yang mendefinisikan siapa diri saya.” Ketika esensi dari siapa diri kamu mendefinisikan setidaknya beberapa bagian pekerjaan yang kamu lakukan untuk hidup, pekerjaan itu menghasilkan kepuasan.

Intinya: Minat dalam pekerjaan kamu memberikan kualitas output dan kebahagiaan dalam pikiran kamu. Jangan puas pada gaji. Carilah sampai kamu menemukan pekerjaan yang menarik minat kamu.

4. Menyimpan perasaan kebencian.

Seperti kata Martin Luther King Jr., “Kegelapan tidak bisa mengusir kegelapan; hanya cahaya yang dapat melakukan itu. Kebencian tidak bisa mengusir kebencian; hanya cinta yang bisa melakukan itu.” Sejujurnya, ketika kita menyimpan perasaan benci, perasaan itu akhirnya menguasai kita. Perasaan itu mengendalikan kita. Kita lupa mengapa kita membenci, apa yang kita benci, dan siapa yang kita benci—kita hanya membenci demi membenci. Dan kemudian, secara alamiah, kita mulai membenci diri kita sendiri juga.

Segala sesuatu dan semua orang yang kamu benci menyewa ruang permanen dalam pikiran dan hatimu. Jadi jika kamu ingin menghilangkan sesuatu atau seseorang dari pikiran kamu, jangan membenci. Sebaliknya, lepaskan diri, move on, dan jangan lihat ke belakang.

5. Menggenggam erat kekhawatiran dan ketakutan.

Suatu hari ketika kamu melihat kembali kehidupan kamu, kamu akan menyadari bahwa hampir semua kekhawatiran dan ketakutan kamu tidak pernah membuahkan hasil—mereka benar-benar tidak berdasar. Jadi mengapa tidak bangun dan menyadari hal ini sekarang. Ketika kamu melihat kembali selama beberapa tahun terakhir, berapa banyak kesempatan untuk bersukacita yang kamu menghancurkan dengan khawatir yang tidak perlu dan sikap negatif? Meskipun tidak ada yang dapat dilakukan dengan kebahagiaan yang hilang ini, ada banyak yang bisa kamu lakukan dengan kebahagiaan yang masih akan datang.

Kamu akan menemukan bahwa sangat perlu untuk merelakan beberapa hal hanya karena alasan bahwa mereka berat di hati dan jiwa kamu. Relakan mereka. Jangan membelenggu pergelangan kaki kamu sendiri. Sangat mudah untuk lebih menikmati hidup kamu sekarang, tidak peduli apa pun situasinya. Ini hanyalah soal merelakan lapisan omong kosong yang membebani kamu.

Lepaskan kekhawatiran dan ketakutan kamu, marah dan cemburu kamu, kebutuhan kamu untuk selalu benar dan mengendalikan orang lain. Lepaskan kepura-puraan kamu dan kebutuhan kamu untuk melakukan segalanya dengan caramu. Di balik semua lapisan omong kosong ini ada orang yang bahagia dan produktif. Ketika kamu mulai mengelupas satu per satu dan hanya menghargai segala sesuatu apa adanya, hidup bisa jadi luar biasa memuaskan.

6. Berkutat pada kesulitan.

Hari yang buruk hanyalah hari yang buruk. Pilihlah untuk tidak membuatnya sesuatu yang lebih dari itu. Masa-masa sulit pasti akan memengaruhi kondisi tempat kamu tinggal dan bekerja; tapi kamu tidak perlu membiarkan hal itu memengaruhi siapa diri kamu dan ke mana arah kamu. Perhatikan kemunduran dan sesuaikan diri dengan mereka, tapi jangan memperluasnya dengan membuatnya bagian yang lebih besar daripada hidup kamu.

Setiap hari membawakan pelajaran-pelajaran baru dan kemungkinan-kemungkinan baru. Selalu ada cara untuk mengambil langkah maju di jalan yang kamu pilih. Hal-hal mungkin jadi mengerikan dan tak terhindarkan sesekali, tapi kamu selalu punya pilihan—jika bukan kapan, lalu bagaimana, kamu bisa bertahan dan melanjutkan terus.

7. Terus-menerus mencari kepuasan sekilas.

Ada dua macam kepuasan dalam hidup—sekilas dan abadi. Kepuasan sekilas berasal dari kenyamanan material instan, sedangkan kepuasan abadi dicapai melalui pertumbuhan secara bertahap pikiran kamu. Sekilas, mungkin akan sulit untuk menguraikan satu dari yang lain, tapi seiring waktu, menjadi jelas bahwa yang terakhir jauh lebih unggul.

Kepuasan abadi menopang dirinya melalui pasang surut kehidupan, karena melalui mereka pikiran kamu tetap percaya diri dan damai. Di sisi lain, jika perubahan sekilas dalam hidup punya kemampuan untuk mengacak-acak pikiran kamu menjadi hiruk-pikuk, kenyamanan fisik paling besar sekalipun tidak akan membuat kamu lebih bahagia untuk waktu yang lama.

8. Berusaha melakukan perubahan besar sekaligus.

Jika kamu ingin melakukan perubahan di dunia, mulai dengan dunia di sekitar kamu. Melakukan perubahan besar sekaligus biasanya mustahil, dan proses mencobanya sangat memusingkan. Namun, melakukan perubahan instan dalam beberapa kehidupan sepenuhnya mungkin dan biasanya cukup mudah. Kamu hanya perlu fokus pada satu orang pada satu waktu dan mulailah dengan orang terdekat kamu.

Bekerjalah untuk membuat sekumpulan percikan kecil, dan biarkan riaknya menyebar secara alamiah. Jika kamu ingin mengubah pikiran atau suasana hati seseorang, kadang-kadang kamu harus mengubah pikiran atau suasana hati orang-orang di sekitar mereka lebih dulu. Misalnya, jika kamu membuat satu orang tersenyum, senyum mereka bisa membuat orang lain tersenyum juga. Dengan cara yang halus ini, kamu bisa menyentuh khalayak dengan perhatian kamu tanpa membuat dirimu tertekan.

9. Bertahan pada seseorang yang menyakitimu.

Kadang-kadang kamu harus menjauh dari orang-orang, bukan karena kamu tidak peduli, tapi karena mereka tidak peduli. Ketika seseorang menyakitimu terus-menerus, terimalah kenyataan bahwa mereka tidak peduli denganmu. Ini pil pahit yang harus ditelan, tapi ini obat yang diperlukan. JANGAN berusaha untuk memberi kesan pada mereka lebih jauh. Jangan buang waktumu lagi dengan mencoba untuk membuktikan sesuatu kepada mereka. Tidak ada yang perlu dibuktikan. Jangan bertindak dengan memikirkan mereka lagi.

10. Terlalu membesarkan pentingnya daya tarik fisik.

Tergila-gila dengan seseorang hanya karena penampilan luar mereka adalah seperti memilih makanan favorit kamu berdasarkan warna bukan rasa. Ini tidak masuk akal. Karakter bawaan, tak terlihat, dan tak terukur itulah yang menciptakan daya tarik abadi.

Sama seperti beberapa orang menikmati aroma mint, sementara yang lain lebih memilih aroma kayu manis, ada tarikan magnetis tak terbantahkan yang menarik kamu pada kualitas orang-orang, tempat, dan hal-hal tertentu. Kadang-kadang, bahkan bekas luka yang sama-sama kalian rasakanlah yang membuat kamu tertarik dan menciptakan engsel yang menyatukan kalian dalam waktu yang lama. (Angel Chernoff)

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "10 kebiasaan sederhana yang mencuri kebahagiaan kamu"

 
SL Blogger