LINK BANNER

Unta Dinosaurus ini mengalahkan ukuran Mamalia manapun!

Selamat malam sahabat Blogger dan sahabat pengunjung ( pembaca ) Blog ELANG PASAMAN. Malam ini saya akan coba posting tentang betapa mengerikannya laut.  Selamat membaca postnya.

Unta Dinosaurus ini mengalahkan ukuran Mamalia manapun!

"Titanotylopus"
-Hidup di periode: Akhir Neogen (10,3 juta - 300.000 tahun lalu)
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Artiodactyla
Famili: Camelidae
Suku: Cameilini
Genus: Titanotylopus (Barbour & Schultz, 1934)
Spesies:
·Titanotylopus nebrakensis
·Titanotylopus spatulus
Sinonim:
·Gigantocamelus fricki
Titanotylopus adalah genus Mamalia (Hewan menyusui) Artodactyla (Mamalia berkuku genap) dari kelompok Camelidae (Unta) yang hidup di periode Akhir Neogen sekitar 10,3 juta - 300.000 tahun lalu (tepatnya saat kala masa Akhir Miosen - Akhir Pleistosen) dan berhabitat di sekitar wilayah gurun Amerika Utara dan Eurasia.
Unta pada awalnya diduga berkembang di Amerika Utara, sebelum akhirnya mereka berkembang ke Asia. Tetapi di antara Unta atau Mamalia manapun, Unta yang mendapat julukan "Unta Dinosaurus" ini jauh lebih besar daripada leluhurnya maupun Unta modern lainnya, bahkan lebih besar dibanding Gajah Afrika sekalipun. Unta yang bernama "Titanotylopus" ini mampu tumbuh setinggi 3.5 meter.
Titanotylopus secara resmi dinamai pada tahun 1934 oleh Barbour dan Schultz. Unta ini mendapat namanya dari Bahasa Yunani, yaitu "Τιτά" (Raksasa) + τύλος (Bonggol) + πούς (Kaki), yang berarti "Kaki Bonggol Raksasanya", mengacu pada kedua kuku bengkak lebar pada kaki tingginya.
Sejauh ini ada 2 spesies resmi yang diketahui, yakni "Titanotylopus nebraskensis" dan "Titanotylopus spatulus". Sejumlah fosil Unta raksasa ini ditemukan di sejumlah wilayah di Amerika Serikat, seperti Nebraska, Valletico Creek, Hudspeth County, Grand View, Red Light, Donnely Ranch, Texas, Kansas, White Rock, Arizona, 111 Ranch, dan Colorado.
Titanotylopus nebrakensis mendapat nama "nebrakensis" karena ditemukan di "Nabreska". Sedangkan Titanotylopus spatulus adalah salah satu yang unik, ia mendapat nama "spatulus" karena gigi taringnya yang mirip spatula.
Secara keseluruhan, tampang Titanotylopus sangat mirip seperti gabungan antara Unta Asia Tengah (Camelus bactrianus) dan Unta Arab (Camelus dromedarius). Ini terlihat pada punuk tunggalnya (mirip Unta Arab) dan badan tegapnya (mirip Unta Asia tengah).
Titanotylopus merupakan salah satu Unta pertama yang mengembangkan punuk. Berdasarkan bukti fosil, tulang belakang (vertebrae) bagian punggung Unta ini meninggi ke atas, menunjukkan punggungnya mempunyai punuk seperti Unta berpunuk modern.
Menurut catatan waktu masa prasejarah, Titanotylopus berada di masa yang menuju Akhir Tersier, dimana hutan-hutan lebat saat itu semakin berkurang karena berubah menjadi padang luas seperti padang rumput. Hal ini mengubah taktik evolusi baru Unta tak berpunuk seperti Aepycamelus menjadi berpunuk, guna menyimpan cadangan makanan berupa lemak pada punuknya, dan salah satu Unta yang berada dalam evolusi ini adalah Titanotyopus.



Sekian dulu postinhannya malam ini sahabat Blogger dan sahabat pengunjung Blog ELANG PASAMAN. Saya mohon kritik dan saran dari sahabat Blogger dan sahabat Pembaca Pada KOLOM KOMENTAR, agar say a bisa mengoreksi diri agar lebih baik. Dan tetima kasih telah bersedia berkunjung ke Blog saya ini. Semoga sahabat pembaca tidak bosan datang berkunjung ke Blog  ELANG PASAMAN ini untuk membaca postingan - postingan lainnya. Karna dengan membaca kita dapat menambah pengetahuan dan wawasan...!!!
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Unta Dinosaurus ini mengalahkan ukuran Mamalia manapun!"

 
SL Blogger