LINK BANNER

Hantu Paling Terkenal di Indonesia

Selamat malam sahabat bloger...!!! Malam ini Elang Pasaman akan posting. Semoga bermanfaat bermanfaat dan menambah pengetahuan untu para sahabat Blogger dan sahabat pembaca Blog Elang Pasaman.


Hantu Paling Terkenal di Indonesia
Hantu merupakan istilah dari makhluk tak kasat mata yang dianggap sangat menyeramkan oleh manusia. Secara umum semua orang akan takut melihat hantu. Selain bentuknya yang menyeramkan, manusia juga sangat mempercayai bahwa mereka mempuyai kekuatan yang menakjubkan seperti menghilang, terbang, berubah wujud, bahkan melukai manusia.
Sebetulnya hantu adalah jin yang mencoba menyesatkan pemahaman manusia. Mereka menyerupai orang yang sudah meninggal, membuat bentuk apapun sesuai tradisi misalnya pocong di Indonesia, vampir di Cina dan Eropa dan sebagainya. Tujuan mereka adalah membuat manusia takut dan meyakini bahwa mereka wajib dihormati.
Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya. Di setiap suku atau daerah pasti mempunyai mitos atau kepercayaan baik kepercayaan dari segi kehidupan, dari segi spiritual atau tentang setan dan hantu. Berikut adalah beberapa hantu yang paling terkenal di indonesia.
1. POCONG
Kain kafan dan berjalan dengan cara loncat-loncat merupakan ciri khas dari hantu yang satu ini. Hantu pocong merupakan hantu yang sangat terkenal dan sering diangkat ke dalam film bergenre horor. Konon asal mula hantu pocong ini adalah orang yang meninggal dan tali pocongnya lupa dibuka. Oleh karna itu arwahnya gentayangan untuk meminta tolong di bukakan tali pocongnya agar bisa tenang di alam sana. Hantu pocong juga cukup menyeramkan bagi kebanyakan orang. Hal ini mungkin karena penampilannya sangat riil dengan orang meninggal dan hendak di kubur menurut kepercayaan islam yaitu tubuh dibalut kain kafan.
2. KUNTILANAK
Kuntilanak tidak kalah seramnya dengan pocong. Peremuan dengan wajah mengerikan, berambut panjang dan gaun putih merupakan ciri khas yang diceritakan oleh orang-orang yang pernah melihatnya. Hantu ini dikenal suka menggoda para laki-laki nakal. Konon asal mula hantu kuntilanak ini adalah perempuan yang meninggal saat proses melahirkan. Kuntilanak sering muncul di atas pohon, seperti pohon waru dan pohon beringin. Selain itu juga seringkali menempati bangunan yang belum jadi. Kemunculan kuntilanak ini biasanya ditandai dengan suara anak ayam. Mitos yang beredar adalah jika suranya terdengar dekat maka kuntilanak ada cukup jauh dan sebaliknya jika suaranya terdengar jauh, sebetulnya ia ada sangat dekat. Hal yang menyeramkan dari kuntilanak selain dari penampilannya adalah suara tawa dan senandungnya. Kuntilanak dikabarkan senang memakan janin orang hamil tua, oleh sebab itu saat melahirkan wajib ditunggui karena kuntilanak akan terpancing datang dengan bau amis darah.
3. GENDERUWO
Genderuwo adalah makhluk dari bangsa jin yang berwujud seperti manusia kera. Genderuwo memiliki badan yang besar, kulitnya hitam dan mempunyai bulu yang lebat di sekujur badannya. Genderuwo ini dipercaya tinggal di pohon-pohon yang besar atau di tengah hutan belantara. Menurut mitos genderuwo sangat menyukai seks sehingga diyakini suka menggoda wanita yang sudah berkeluarga dan yang sedang ditinggal suaminya bekerja atau menjanda. Oleh sebab itu di berbagai daerah sering terdengar ada anak hasil hubungan genderuwo dengan manusia. Dalam menjalankan aksinya genderuwo biasanya menyamar sebagai suami atau laki-laki yang ganteng.
4. TUYUL
Makhluk yang satu ini memiliki ciri-ciri badannya yang kerdil seperti anak kecil dan kepalanya yang botak atau gundul dan hanya mengenakan celana dalam saja. Tuyul ini di beberapa daerah diperjualbelikan untuk membantu manusia dalam mencari uang secara cepat. Pesugihan tuyul biasanya tidak memakai tumbal. Sebagai gantinya, sang majikan harus merawat tuyul termasuk menyusuinya. Konon kecebong dan kepiting adalah mainan favorit tuyul, begitupun dengan kacang hijau. Tidak heran jika orang-orang tua dulu mengatakan untuk mencegah kehilangan uang secara gaib oleh tuyul, sediakanlah kepiting atau kacang hijau dalam toples. Karena tuyul ini persis seperti anak kecil yang bisa lupa waktu dan tugas hanya karena asyik bermain.
5. SUSTER NGESOT
Suster ngesot merupakan hantu yang juga populer di Indonesia terutama setelah diangkat ke layar lebar. Ciri khas dari hantu ini adalah penampilannya seperti layaknya perawat tapi bajunya dipenuhi bercak darah dan berjalan dengan cara ngesot di lantai. Ada cerita yang beredar bahwa asal mula hantu suster ngesot adalah arwah penasaran seorang perawat yang diperkosa dan dibunuh secara sadis oleh seorang dokter jaga di RSCM Jakarta. Arwah tersebut gentayangan dan menuntut balas. Tapi di daerah lain juga beredar cerita yang berbeda mengenai asal-muasal suster ngesot.


  Sekian dulu postinhannya malam ini sahabat Blogger dan sahabat pengunjung Blog ELANG PASAMAN. Saya mohon kritik dan saran dari sahabat Blogger dan sahabat Pembaca Pada KOLOM KOMENTAR, agar say a bisa mengoreksi diri agar lebih baik. Dan tetima kasih telah bersedia berkunjung ke Blog saya ini. Semoga sahabat pembaca tidak bosan datang berkunjung ke Blog  ELANG PASAMAN ini untuk membaca postingan - postingan lainnya. Karna dengan membaca kita dapat menambah pengetahuan dan wawasan...!!!
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Hantu Paling Terkenal di Indonesia"

 
SL Blogger